Ilmu
mahal harganya…dan tentu saja apa yang telah diberikan Yamaha kepada
para Blogger otomotif roda dua untuk praktek secara langsung membedah
teknologi fuel injection patut diapresiasi. Lha gimana nggak bro,
kendati sudah bolahk-balik dibahas….kalau sudah namanya teori tetap aja
ora mudeng. Entah dasarnya prosesornya yang lemot atau memang terlalu
jlimet, yang pasti setelah menghadiri Worshop YMJet-FI….opini langsung
berubah!!….
YIMM mempersiapkan 12 motor untuk
diubek-ubek. Terbagi atas 6 Vixion serta 6 Mio-J. Disana kita diajari
untuk melakukan persiapan, pemeriksaan dan finishing. Disaat itu pula
mereka memperkenalkan new diagnostic tool yang mempunyai kelebihan
merekam, mencetak data kerusakan, memberikan gambaran visual
(osciloscope) layaknya grafik, sebagai data logger (sejarah berkendara
sikuda besi), merekam F/R & E/G (ECU). Awalnya IWB nggak mudeng…tapi
setelah merakit sendiri kabel penghubung E/G, kabel USB, Sub Hamess 1/2
plus interface adaptor kelaptop yang diintegrasikan dengan software
Yamaha….baru semua padang jingglang (terang banderang)….
Canggih bro…tiap detil kinerja mesin
motor bisa terlihat dilayar komputer. Ibarat HP kita bisa intip
organizer, library, contact, image dsb dilayar diPC. Jadi tinggal
klak-klik klak-klik menggunakan mouse akan terkoneksi dengan sikuda
besi. Mendeteksi putaran kipas, sejarah kerusakan kuda besi, idling CO,
pasokan bensin (kaya atau miskin)….mampu dilakukan dari komputer.
Lho…terus kenapa koq tunggangan saya hanya menggunakan FI diagnostic
tool biasa??…
Untuk servise berkala FI diagnostic tool
sudah cukup. Tentu saja semakin simpel alat akan mempercepat kerja
mekanik. Kecuali sampeyan ingin lebih detil yang kemudian diprint untuk
dijadikan pegangan. Btw….para Blogger juga diajak terjun langsung
membersihkan throttle body (3M spray), serta injector dengan alat
Yamaha injector tester. Proses air bleeding, spray, jet amount serta
cleaning dipandu secara detil oleh para leader mekanik. Mereka terlihat
cekatan tanpa ada rasa canggung. Secara garis besar, kelebihan injeksi
pabrikan garputala bisa diambil 4 poin….
1. Filter Pump bisa diganti
2. Injector bisa dibongkar dan dibersihkan serta diukur. Harganya cukup murah jika terjadi kerusakan yakni sekitar 115 ribu.
3. Injector bisa dibersihkan secara cepat (sekitar 10 menit)
4. Yamalube Carbon Cleaner. Nah ini yang menarik brosis…..
YIMM sepertinya juga memperhatikan biker
kawasan pelosok yang jauh dari perkotaan. So….Yamalube Carbon Cleaner
adalah solusinya sebab mampu mengurangi kadar karbon yang menumpuk pada
engine tunggangan. Tinggal masukan kedalam tanki BBM saat mengisi bahan
bakar. Hal ini bisa dilakukan per 3000km sekali. Hargapun tidak membuat
kantong bolong…hanya sekitar 21ribu. So…sampeyan tidak perlu
sering-sering kebengkel. Untuk mempertajam ekspansi alat, YIMM membagi
atas 3 area yaitu injector dan tester untuk kota besar, 3M injector
cleaner untuk perkotaan serta Yamalube Carbon Cleaner untuk pedesaan
atau pelosok….
Last…dari event Yamaha Worshop YMJet-FI,
ada dua pesan yang bisa diambil. Yang pertama sistem injeksi ternyata
lebih simpel dan murah. Selama alat pendukung seperti diagnostic
tool…mekanik siap, tidak diragukan segalanya terlihat mudah. Yang
kedua…YIMM nampaknya kembali ingin menegaskan bahwa sistem injeksi
merupakan makanan mereka sehari-hari. Kesiapan jaringan, equipment,
SDM, 3S tidak usah dipertanyakan lagi.
0 komentar:
Posting Komentar